RSS

Pelopor Program Penghijauan Bibit Unggul

19 Jun

Pelopor Program Penghijauan Bibit Unggul

Raih kebanggaan dan keuntungan yang besar dari bibit buah unggulan, itulah motto bisnis Prakoso Heryono, pemilik Satya Pelita Horticultural Nursery & Consultant. Dengan kerja keras dan semangat yang begitu besar suami dari Ratih Mayaningrum ini saat ini telah memperoleh materi yang cukup. Hobby yang ditekuni dengan ulet akhirnya menjadi sebuah profesi yang bisa menyekolahkan kedua anaknya ke perguruan tinggi.

Dengan misi menyebar luaskan penanaman buah kelengkeng dari bibit unggulan, Prakoso berharap dapat ikut membantu meningkatkan kesejahteraan petani di desa-desa sekitar perkebunannya. Sejak tahun 2002 memang kelengkeng pingpong, merupakan produk unggulan yang paling digalakkannya.

Klengkeng pingpong dan jenis Diamond River termasuk buah yang banyak diminati petani, karena mempunyai keunggulan dapat ditanam di dataran rendah, serta di pinggir-pinggir pantai.. Pohon yang diimpor dari Thailand ini dari proses cangkok sampai bisa berbuah hanya membutuhkan waktu sekitar 1 tahun. Bibit klengkeng dijualnya satu batang cangkokan berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp 250 ribu rupiah, tergantung besar dan tingginya pohon.

Baru-baru ini Satya Pelita telah membantu 150 pohon (dan tanaman lain) ke Desa Mlatiharjo Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, diharapkan nantinya bisa sebagai sentra percontohan untuk daeeah-daerah lain. Kepala Desa Mlatiharjo, Hery Sugiartono menyatakan perlu adanya paradigma baru menyangkut budidaya pertanian. Tidak hanya tanaman pangan yang selalu diunggulkan. “Tanaman buah klengkeng, juga mampu meningkatkan kesejahteraan petani, jika benar-benar diawasi dan dievaluasi secara baik,” ujarnya.

Ia menargetkan pada tahun 2015 nanti, Desa Mlatiharjo bisa menjadi sebuah desa sumber bibit (village breeding). “Saat ini Mlatiharjo telah mengupayakan tidak saja pembibitan sektor pertanian seperti padi, klengkeng serta jambu Citra, tetapi juga mengupayakan pembibitan ternak sapi, domba dan kambing,” jelas Hery Sugiartono. Harapan Alumnus fakultas pertanian Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto ini untuk jangka panjang, Desa Mlatiharjo mampu menghasilkan beras premium bermutu tinggi dari bibit padi unggulnya, yang mampu diekspor ke luar negeri.

Lebih lanjut Prakoso Heryono menyatakan akan mewujudkan suatu kawasan agropolitan dengan menyebarluaskan tanaman klengkeng di Kabupaten Demak. Namun kendala yang dihadapi hingga saat ini adalah sulitnya memberikan sosialisasi ke desa-desa. Hanya beberapa desa seperti Mlatiharjo yang memberikan dukungan baik. “Ada respon malah kebanyakan berasal dari desa-desa di kabupaten lain,” ungkap Prakoso

Bapak 2 putra ini mengungkapkan adanya ketakutan dari desa-desa yang dia tawari bibit klengkeng, bahwa hal ini hanya bernuansa proyek yang menguntungkan pihaknya saja. “Kami hanya ingin ikut membantu meningkatkan kesejahteraan petani dan desa-desa di Kabupaten Demak. Itu saja niat kami sebenarnya. Jika nantinya ada keuntungan, maka petani dan desa-desa pasti akan menikmatinya juga,” katanya.

Ia menuturkan saat ini di Jawa saja butuh 32 ton buah klengkeng per bulan, belum pulau-pulau yang lain berapa ribu ton yang dibutuhkan seluruh Indonesia per bulan. Artinya keuntungan besar yang akan dicapai kalau kita mau menggalakkan tanaman klengkeng pingpong ini.

Prakoso Heryono yang beralamat di Jl. Bhayangkara No. 11 Demak-59511 Telpon (0291-685513) ini adalah sosok yang bersahaja, ramah, terbuka dan bersahabat. Menggalakkan program penghijauan dan meningkatkan kesejahteraan petani pedesaan adalah tujuan yang senantiasa dipegangnya. Semboyan memberi dan menerima adalah nafas hidupnya. “Apa yang bisa kita berikan pada alam, apa kontribusi kita? Sebuah pertanyaan yang perlu kita cermati. Janganlah kita hanya bisa mengambil dari alam. Mulai minyak bumi dan tambangnya sampai dengan hasil kebun dan hutan. Setidaknya penghijauan bibit buah unggulan adalah sebuah kontribusi kita untuk alam bumi pertiwi Indonesia,” katanya prihatin.

Program penghijauan dengan penanaman pohon buah klengkeng diharapkannya bisa menyebar lewat KUA. Setiap orang yang melangsungkan perkawinan dapat diberi satu bibit pohon klengkeng. Program tersebut bila digalakkan mulai dari desa sampai kecamatan meningkat ke kabupaten hasilnya pasti sangat luar biasa. (Joko Aryanto)

About these ads
 
11 Komentar

Posted by pada Juni 19, 2008 in S O S O K

 

Tag: , , , , ,

11 responses to “Pelopor Program Penghijauan Bibit Unggul

  1. Bahar Makkutana

    Oktober 17, 2008 at 1:34 am

    terima kasih atas informasi menrik ini,
    Sekiranya kami dapat terbantu dengan adanya bibit klengkeng untuk desa kami di sulsel.

     
  2. wahyudi

    Desember 3, 2008 at 4:32 am

    Informasi anda sangat bermamfaat bagi saya, tentang penghijuan di desa. Saya juga tinggal di desa rencana saya ingin mengadakan kegiatan penghijuan di wilayah tempat tinggal saya, tetapi saya tidak punya benih/pohon untuk ditanam. Apakah anda bisa membantu saya. Terimakasih
    salam
    Wahyudi

     
  3. suryokoco

    Desember 3, 2008 at 5:33 am

    coba langsung hubungi p prakoso melalui telepon. saya juga akan usahakan.
    seingat saya kalo di jawa tengah pt djarum kudus banyak membantu untuk penghijauan dan juga dinas kehutanan dapat mebantu.

     
  4. Bahar Makkutana

    Desember 4, 2008 at 2:42 am

    Saya domisili di Desa Kaseralau Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, desa kami potensi untuk pengembangan klengkeng. Mohon informasi cara memperoleh bibit klengkeng, sekalian juga akan berfungsi untuk penghijauan.
    Terima kasih

     
  5. suryokoco

    Desember 4, 2008 at 5:39 am

    bisa langsung berhubungan dengan p prakoso heryono di no hp 08156520799 atau Telpon (0291-685513) dan surat ke alamat di Jl. Bhayangkara No. 11 Demak-59511

     
  6. nanda

    Desember 11, 2009 at 5:56 pm

    mas tolong daftar harganya

     
  7. ImamS

    Juni 2, 2010 at 2:23 pm

    Mas, ukuran font postingannya terlalu kecil…
    Saran saya untuk menambah ukuran font postingannya, soalnya
    malahan gede-an font komentarnya
    Maturnuwun…

     
  8. D.WILDAN JOHANSAH

    Juni 19, 2010 at 7:30 am

    Sy sngt tertarik dg penanaman buah lengkeng dlm upaya penghijauan sklgs peningkatan ekonomi masyarakat, hny sy kesulitan mendapatkan bibit. Smntr yg tlh sy lakukan saat ini d desa Neglasari, Gandasari kadupandak cianjur. Sy mengajak msyrkt utk menanam jengjen yg sampe saat ini, krg lebih dah nyampe 40Ha yg ditanam d tanah masyarakat.

     
  9. ashadi

    November 15, 2010 at 4:23 pm

    ini merupakan kegiatan yang sangat menarik,,, sebgai program penghijauan dan juga bisa meraup hasl yang bisa mebantu perekonomian, yang menjadi pertanyaan saya bagaimana kira-kira ketahanannya dalam beradaptasi dengan lingkungan dari faktor iklim.

     
  10. kebunraja

    November 4, 2011 at 11:19 am

    Minta ijin moderator untuk menyalurkan informasi,
    Bagi yang berminat untuk mendapatkan bibit tanaman buah hasil produksi Satya Pelita, bisa melalui http://www.kebunraja.c*m.
    Kami mengelola distribusi secara online untuk memudahkan masyarakat Nusantara dalam program penghijauan.
    Untuk informasi lebih detail bisa mengunjungi situs kami, terima kasih.

     
  11. Dede

    September 5, 2012 at 2:29 pm

    Sy tertarik dengan program penghijauan kota/penanaman pohon tp sy tidak tau cara pengajuan dan pembuatan proposalnya. sy mohon bantuan Contoh proposalnya. Bisa dikirim ke : dede_sholehuddin@yahoo.com
    Terimakasih

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 352 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: