RSS

R – P – D – N

Apakah RPDN?

Adalah Kependekan dari Relawan Pemberdayaan Nusantara yang merupakan Badan Otonom dari Perkumpulan Relawan Bangsa, yang bertujuan untuk memberikan pencerahan pada masyarakat, birokrat, akademisi dan masyarakati yang peduli terhadap permasalahan pedesaan Indonesia.

RPDN dibentuk dengan latarbelakang memberikan sebuah wadah yang jelas bagi tokoh nasional peduli desa dan tokoh2 lokal pedesaan Indonesia dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat pedesaan Indonesia.

RPDN mulai digagas oleh suryokoco dan ditetapkan sebagai badan otonom Relawan Bangsa pada 19 Januari 2008.

Apa tujuan RPDN?

Tujuan RPDN adalah memberdayakan masyarakat pedesaan Indonesia agar dapat ikutserta berpartisipasi di dalam program pembangunan nasional, dengan mengidentifikasi kebutuhan yang benar-benar diperlukan oleh masyarakat pedesaan Indonesia.

Bagaimana Proses mencapai Tujuan?

RPDN akan menyiapkan anggotanya agar mampu berperan sebagai “the local leaders” , yang akan memimpin masyarakatnya dalam peningkatan potensi menuju peningkatan kualitas hidup masyarakat desa, melalui kegiatan-kegiatan yang diorganisir oleh mereka sendiri secara swadaya. Cara yang akan dikembangkan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan potensi masyarakat pedesaan agar mampu meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik bagi seluruh warga masyarakatnya, melalui kegiatan-kegiatan yang diorganisir oleh mereka sendiri secara swadaya.
  2. Mendidik masyarakat pedesaan agar mampu mendidik diri mereka sendiri atau membantu masyarakat pedesaan agar mampu membantu diri mereka sendiri.
  3. Mendukung terciptanya suatu masyarakat pedesaan yang mandiri, berswadaya, mampu mengadopsi inovasi, dan memiliki pola pikir yang kosmopolitan, tanpa meninggalkan budaya dan kearifan lokalnya.

Bagaimana Prinsip Pengelolaan RPDN?

  1. Struktur kepengurusan RPDN dikembangkan dengan secara efisien / ramping dengan pertimbangan kemudahan pengendalian organisasi. ( 9 pengurus di tingkat pusat, 7 pengurus di tingkat wilayah / propinsi, 5 pengurus di tingkat daerah / kab-kota )
  2. Secara struktural Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah memiliki garis koordinasi yang tegas akan tetapi masing masing tingkatan memiliki otoritas mengelola organisasi dan mandiri dalam kegiatannya
  3. Pengelolaan kegiatan Kepengurusan RDPN di tiap tingkatan mendasarkan prinsip profesional & proporsional. Profesional artinya setiap anggota pengurus yang aktif dihargai secara profesional dari tiap agenda kegiatan dilakukan oleh RPDN. Proporsional diartikan bahwa dalam penghargaan diberikan berdasarkan besaran partisipasi pada tiap kegiatan.
  4. Dewan Pakar terdiri orang yang memiliki pengetahuan yang luas di bidangnya dan memiliki komitmen dalam pemberdayaan masyarakat desa, dan menyatakan kesediaannya bergabung sebagai tenaga ahli sesuai bidang keahliannya menyangkut pemberdayaan masyarakat desa. Dewan Pakar hanya ada ditingkat pusat dan wilayah. Hak dan kewajiban anggota dewan pakar diatur dalam aturan organisasi.
  5. Dewan Penasehat ditetapkan oleh pengurus di tiap tingkatan dengan memperhatikan ketokohan birokrasi dan tokoh masyarakat yang dianggap mampu membina dan mengembangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat pedesaan
  6. Keanggotaan terbuka untuk setiap orang yang merasa memiliki kesadaran dan kesiapan untuk melakukan pemberdayaan masrakat pedesaan di Indonesia dengan target anggota terdiri dari 3 elemen masyarakat yaitu Birokrat, Akademisi dan masyarakat Umum

Apa kemanfaatan Bergabung ?

  1. Menjadi Pelaku pendorong dan pelaksana upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) pada masyarakat pedesaan di Indonesa,
  2. Membantu masyarakat pedesaan agar lebih berdaya, mau bekerja keras, menguasai ilmu dan teknologi tepat guna, dan sadar akan hak dan kewajibannya sebagai salah satu pelaksana pembangunan,
  3. Ikut mengembangkan model pemberdayaan masyarakat yang dapat dikembangkan dalam perencanaan dan kajian menyeluruh yang komprehensif atas masyarakat pedesaan di Indonesia.
  4. Memberikan dan mendapatkan pendidikan secara cuma cuma seputar pemberdayaan masyarakat Pedesaan Indonesia

Apakah RPDN sebuah perusahaan?

RPDN adalah program nir laba (non-profit program)

Apakah RPDN sebuah program pemberi bantuan?

RPDN bukan program pemberi bantuan.

Dapatkah saya bekerja sama dengan RPDN?

Ya. RPDN bekerja berdasarkan prinsip kerjasama publik dan swasta (public private partnership). Karenanya RPDN selalu menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama dengan organisasi-organisasi lain dengan misi serupa.

Melalui kegiatan-kegiatannya, RPDN, akan bekerja sama dengan organisasi organisasi lain dengan misi serupa, berharap untuk dapat ikut serta memberikan dukungan nyata terhadap peningkatan kapasitas masyarakat, birokrat, dan akademisi Pedesaan di Indonesia.

Apa kemanfaatan pihak perusahaan bekerjasama dengan RPDN?

RPDN dikelola professional dan didukung oleh tokoh dan pemikir yang memiliki track record yang baik dalam membantu memecahkan masalah bangsa, memperbaiki rencana dan strategi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam hal ini RPDN dapat membantu perusahaan dalam melaksanakan dan mempertajam program Corporate Social Responsibility (CSR) dan philantrophy yang berhubungan dengan pengembangan dan pemberian dukungan terhadap permasalahan Masyarakat khususnya pedesaan.

Apa keuntungan pihak perusahaan bekerjasama dengan RPDN?

Perusahaan dapat mendapatkan keuntungan dengan mengkaitkan program perusahaan dengan program yang dilakukan RPDN dengan segmentasi yang jelas dan terukur.

Perusahaan memiliki tambahan catatan kepedulian dalam pemberdayaan masyarakat sehingga meningkatkan posisi dan reputasi sebagai perusahaan yang layak mendapatkan penghargaan berupa kepercayaan banyak pihak

Apa keuntungan NGO/Non-profit bekerjasama dengan RPDN?

Memiliki alternatif pilihan pengembangan kegiatan peduli terhadap permasalahan masyarakat yang di bina oleh NGO/Non-profit.

Untuk keterangan lebh lanjut hubungi:

Suryokoco Suryoputro

Sekretariat : Gedung Relawan Bangsa lt 3

Jl. Dr. Saharjo No. 40, Manggarai – Jakarta Selatan – 12870

Telp. (021) 8378 5495 – Faks. (021) 8379 1376

e-mail : relawandesa@yahoo.co.id

website : http://rpdn.org

 

7 responses to “R – P – D – N

  1. Mas Jiwo Pogog

    Juni 15, 2009 at 2:35 am

    senang rasanya bisa berjumpa dengan tokoh-tokoh pembangun desa serta pemerhati perkembangan pembangunan pedesaan di situs ini. hal ini saat bermanfaat bagi saya sebagai orang desa yang masih perlu belajar banyak hal tentang desa.
    saya salut adanya inisiatif situs ini dan pemberdayaannya di masyarakat pedesaan.
    semoga saya bisa belajar dari sini untuk desaku, desa pogog.

    salam desa,
    mas jiwo pogog
    pogog, tengger, puhpelem, wonogiri, jawa tengah.

     
  2. cah nDeso Pamongan Demak

    Agustus 1, 2009 at 10:48 am

    weleh weleh weleh..
    gak nyongko mister kotjo mampu wujudkan dan membangun mimpi2 indahnya tentang sebuah desa yang gemah ripah loh jinawi…
    hahaha.. saya sungguh2 salut dan angkat topi untuk beliau mister suryokotjo, komitmen beliau tentang desa patut kita acungi jempol. kami di semarang sungguh telah menjadi saksi hidup atas perjuangan beliau mister kotjo sebagai anak muda yang bener2 ndak malu untuk berjuang demi desa, sementara anak muda sekarang justru kbanyakan ingin pergi jauh dari desa mereka dan sama sekali tidak ingin berpikir untuk membangun desa mereka supaya lebih maju tetapi malah mencari penghidupan di kota yang justru sudah jauh lebih maju.
    Saya terus terang malu pada beliau mister kotjo, beliau orang kota tp berpikir dan berjuang untuk desa, lha saya sendiri orang desa malah meh golek duit lan urip ning kota. wah jan kuwalik-walik..
    salut nggih mister kotjo…
    saya tak melu dukung mister kotjo untuk membangun mimpi indahnya tentang desa, ya sesuai kemampuan saya tohh..
    suwunn..

     
  3. indah

    April 12, 2010 at 11:27 am

    ass.wr.wb…………..
    bapak relawan………….
    bolehkan indah bergabung tuk bangun bangsa ini..
    jika boleh indah pingin belajar seperti bapak…..
    alamat indah
    jalan swaramahardika no 29 dalam sdn 31 pajang timur ataram lombok ntb.
    indah tunggu respon n kontaky, oy indah asli semarang n sekarang lg merantau..
    moga bapak mau trima keperdulian indah tuk bangun bangsa ini khususnya orang kecil
    tanks atas balasannya.

     
  4. heru

    April 19, 2010 at 11:41 am

    indonesia butuh orang-orang seperti bapak, salam hormat saya

     
  5. Beddi jubaedi

    Juli 31, 2010 at 10:00 am

    salam hormat….
    tolong saya di berikan info – info terbaru mengenai relawan desa….terimakasih

     
  6. achmad subechi

    Januari 29, 2011 at 6:44 pm

    perjuangan untuk kemajuan desa sebagai cikal bakal negara ini akan tetap berlanjut

     
  7. kakpenyu

    Juli 2, 2012 at 3:30 pm

    I MADE MANDI WIDHIANA,
    Senang rasanya bisa berjumpa dengan blogger ini sudah tentu dengan orang-orang yang peduli kepada pembangunan masyarakat desa, sebagaimana PP-72/75 tahun 2005 tentang pemerintah Desa/Kelurahan mengenai masalah Lembaga Kemasyaraatan seperti LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ) khususnya di Bali perlu mendapat perhatian dan bantuan -karena dalam ekistensinya belum banyak berkiprah sbgmn tujuan undang-undang yaitu sebagai perancang, pengendali dan pelaksana pembangunan desa. Ada LPM yang hanya papan nama, ada juga baru dibentuk karena ikut Lomba Desa, ada yang sering cekcok dengan BPD ( Badan Permusyawaratan Desa ), demikian juga belum maksimal perhatian pemda kpd LPM ini padahal sudah jelas kewajiban pemda Prov, Kab/Kota, Kecamatan harus membina dan memfasilitasi LPM ( pasal 20-25 PP72/2005 ). Oleh karena demikian di bali khususnya tingkat Provinsi kami membentuk relawan DPD LPM Provinsi Bali yang anggotanya terdiri dari para dosen PTN-PTS di Bali , semoga keberadaan Relawan DPD LPM Bali mempunyai visi -misi yang sama daN bisa menjalin kerja sama – thanks salam kakpenyu.wordpress.com

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 352 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: