Penyedia Bibit Gaharu

Kompas, Sabtu, 21 Juni 2008 | 03:00 WIB

KHAERUL ANWAR, Perambahan dan penebangan kayu hutan seperti di kawasan hutan Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat, nyaris tanpa henti sepanjang tahun. Berkurangnya sumber mata air, erosi, dan tanah longsor adalah dampak perambahan kawasan itu yang dirasakan masyarakat.

Populasi kayu yang ditebang pun antara lain kayu endemik kawasan itu, seperti kayu gaharu yang gubalnya bernilai ekonomis tinggi. “Batang pohon gaharu itu ditebang habis sampai akar untuk diambil gubalnya. Tak ada niat si penebang menanam bibit yang sama sebagai pengganti,” ujar H Arpan (69), warga Dusun Pusuk, Desa Lembahsari, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Masyarakat tergiur harga gubal gaharu yang relatif tinggi. Gubal gaharu kualitas super Rp 7 juta-Rp 10 juta per kilogram (kg). Sedangkan kualitas di bawahnya Rp 2 juta-Rp 3 juta per kg. Gubal yang damarnya dijadikan bahan pembuat minyak wangi ini di Arab Saudi digunakan mandi uap dan untuk peranti keagamaan di Jepang.

Arpan cemas gaharu jenis Gyrinops versteegii di Lombok akan punah karena dari 100 pohon yang ditebang, belum tentu ada satu pohon dengan gubal. Para pemburu pun menggali tanah di sekitar pohon, menyisakan lubang besar yang memacu terjadinya degradasi lingkungan hutan.

Padahal sebelum 1970-an, “Masih banyak pohon gaharu yang diameternya tak cukup dipeluk dua tangan orang dewasa,” tutur Arpan yang waktu itu setiap hari masuk-keluar Hutan Pusuk mencari kayu bakar sekaligus melihat perilaku para pemburu “menghabisi” pohon gaharu.

Kecemasan itu mendorong Arpan untuk menyelamatkan populasi pohon gaharu di kawasan Hutan Pusuk. Ia mencari dan mengumpulkan bibit kayu itu di dalam hutan, kemudian disemai sebelum ditanam.

Proses pembibitan dia lakukan pada lahan pinjaman milik Dinas Kehutanan Lombok Barat yang tengah melakukan program reboisasi. Bibit gaharu yang siap tanam itu selain dijual seharga Rp 2.000-Rp 3.000 per batang, juga dibagikan kepada masyarakat di seputar kawasan hutan untuk ditanam di lahan garapan.

Melihat kesungguhannya, pada 1979 Dinas Kehutanan Lombok Barat merekrut Arpan untuk program reboisasi di beberapa tempat di Pulau Lombok. Ia mendapat honor Rp 8.000 per bulan. “Honor saya terus naik, sekarang jadi Rp 400.000,” katanya.

Uang itu digunakan antara lain untuk membayar pekerja mencari bibit gaharu di hutan, lalu disemaikan di halaman rumahnya. Dari kegiatan ini, ia bisa menyediakan stok bibit 2.000 batang sebulan. Setelah melalui proses persemaian selama tujuh-delapan bulan, bibit siap dijual.

Seiring waktu, Arpan menjadi sumber penyedia dan pemasok bibit untuk kepentingan NTB serta beberapa daerah di Pulau Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan. Rumahnya nyaris tak pernah sepi dari kunjungan para LSM, petani, dosen, turis, dan peneliti dari mancanegara, seperti Jepang dan Australia.

Kunjungan para tamu itu tercatat rapi dalam bukunya. Mereka melihat hasil kerjanya dan menginap beberapa hari untuk belajar teknis bertanam dan penyemaian gaharu. “Saya seperti dosen saja,” ujar Arpan sambil terkekeh.

Lokasi yang kerap dikunjungi para tamu adalah lahan seluas 80 hektar milik Dinas Kehutanan Lombok Barat di kawasan Hutan Pusuk. Lahan ini pada tahun 1995-1996 ditanami 1.100 batang gaharu yang kini tinggi pohonnya tujuh meter.

Karena kepeduliannya itu, Arpan menerima penghargaan Kalpataru tahun 2002 sebagai perintis lingkungan. Produk gaharu yang dibudidayakannya diperkuat sertifikat dari Badan Penelitian Tanaman Hutan (BPTH) Denpasar, Bali.

Arpan sempat kewalahan melayani permintaan benih gaharu dari berbagai daerah. Permintaan sebanyak 30.000 batang bibit gaharu itu datang dari Pulau Alor, NTT, Kendari, Sultra, Banten, Makassar, Sulsel, Manado, Sulut, dan Jawa Barat.

Banyak kenalan

Gaharu tak hanya memberi penghasilan bagi Arpan, tetapi ia juga mendapat banyak teman dari berbagai daerah maupun orang asing. “Kami juga bisa saling berbagi ilmu pengetahuan tentang gaharu.”

Dari “komunitas gaharu” itulah, Arpan semakin paham tentang tanaman tersebut. “Dalam persemaian, gaharu perlu perlakuan khusus, seperti cara menyiramnya. Sedikit saja batang anakan goyang atau tanah di sekitar anakan hanyut tersiram air, gaharu tak bisa tumbuh, mati,” ujarnya.

Di tangannya, gubal gaharu bisa didapat saat pohon berumur tujuh tahun atau lebih cepat dibandingkan umur teknisnya yang 15 tahun. “Maaf saya tak bisa jelaskan caranya, ini ‘rahasia perusahaan’,” kata Arpan.

Tak hanya gaharu, ia juga melakukan pembibitan kemiri. “Buah kemiri yang dijadikan benih itu disukai semut. Bagaimana mengusir semut agar benih bisa tumbuh, ada cara dan perlakuannya sendiri,” kata Arpan yang menjadikan kemiri tumbuh bagus sebagai tanaman sela di areal gaharu. Dari 1.000 batang anakan itu, pertumbuhannya 60-70 persen.

Kecintaannya pada tumbuhan membuat dia juga menaruh perhatian pada kesinambungan tanaman ketak, sejenis rerumputan yang tumbuh merambat pada batang pohon. Tanaman ini menjadi bahan baku untuk anyaman yang biasa dijadikan cenderamata.

Tahun 1999 Arpan membudidayakan ketak pada areal 10 hektar di kawasan Hutan Pusuk. “Alhamdulillah pertumbuhannya baik, tetapi mesti dijaga supaya tak dicuri orang.”

Mencari bibit

Sebagai penyedia bibit, nama Arpan relatif kondang. Namun ia tetap sederhana. “Saya selalu ingat, ikhtiar saya hanya membudidayakan gaharu agar orang bisa melihat gaharu tetap tumbuh di hutan. Kalau gaharu ditebang terus dan hutan rusak, generasi muda kita cuma dengar cerita tentang gaharu,” ucapnya.

Untuk mewujudkan niat itulah, awalnya Arpan dibantu anaknya dengan bekal makanan seadanya berjalan kaki masuk hutan mencari bibit gaharu dan tanaman langka lainnya. Ia juga membayar Rp 50 per batang untuk warga yang mendapatkan bibit gaharu.

“Kalau bibit kayu kelicung dan kayu dao bisa diperoleh 10-25 batang, gaharu hanya dapat satu-dua batang,” katanya tentang indikasi semakin langkanya kayu gaharu di hutan.

Awalnya, apa yang dirintis Arpan tak selalu mulus. Ia dibenci sebagian orang yang menganggap aktivitasnya itu menjadi halangan bagi mereka untuk bebas menebang pohon. Namun, setelah tampak hasilnya, tak sedikit warga kampung yang “angkat topi” kepadanya. Mereka yang semula mencemooh, mengatakan dia gila, justru kemudian mengikuti jejak Arpan sebagai penyedia bibit gaharu.

Biodata

Nama: H Arpan

Usia: 69 tahun

Pendidikan: Sekolah Rakyat, lulus 1951

Istri: Hj Nuraini (40)

Anak: lima perempuan dan dua lelaki

Aktivitas:

Ketua Kelompok Tani “Sumber Benih Gaharu”, Dusun Pusuk, Desa Lembahsari, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat

Anggota Forum Penerima Kalpataru

Penghargaan: Peraih Kalpataru kategori Perintis Lingkungan tahun 2002

38 pemikiran pada “Penyedia Bibit Gaharu

  1. joe berkata:

    hi ,
    saya tertarik dengan usaha anda . kalau saya boleh tau , berapa harga 1 bibit gaharu dari anda , bila dikirim ke medan . Dan karena keterbatasan dana saat ini , saya belum bisa ambil banyak . Sebelumnya, atas tanggapannya saya ucapkan terima kasih .

    e-mail : fndyjoe@gmail.com
    phone : 08116021590

  2. Firman Zainal berkata:

    Sy Firman dari Balai Penelitian Sembawa Palembang, sy butuh sekitar 1 kg benih gaharu. Mohon informasi jenis apa saja yang tersedia dan berapa harga per kg nya serta bagaimana cara melakukan pembeliannya. Harap hubungi sy di 081 367 768 273. Terimakasih.

  3. caripuddin berkata:

    Saya sangat tertarik dgn usaha anda, kalo untuk dikirim ke sumatra tepatnya di jambi berapa kisaran harga perbatangnya, mohon dikonfirmasi krna bila dana saya cukup, saya berniat juga untuk mengembangkannya meskipun kecil-kecilan, dan adakah buku petunjuk untuk bercocok tanam.
    No HP saya 0817183218
    terimakasih sbelumnya……

  4. tarmizi berkata:

    saya mau nanya berapa harga gubal gaharu perkilo,? dan gimana cara menyuntik batang gaharu sekaligus kriteria batang gaharu siap suntik…hp.081268610011

  5. saya sagat tertarik usaha ini disamping nilai ekonomis juga menghijaukan lingkungan. harga gubal perkilo bberapa pesan anakan gaharu 20cm kirim ke tala.menanga solor timur flores timur nusatenggara timur berapa harga peranakan hub,081353736863

  6. Saya tertarik menanam pohon gaharu.
    Bisa kirim ke Bandung 3 pohon berikut ongkos kirim berapa harganya.

    Dindin Rismawan

    Raflesia Trading
    Jl. Cidurian Utara No. 3, Soekarno – Hatta
    Bandung 40285, Jawa Barat
    Telp : 022 70031562

    Terima kasih

  7. subandi berkata:

    gaharu ini sebenarnya ada berapa macam dan jenis apa yang paling di gandrumi serta jenis apa yang paling di sukai dan pada jenis tanah apa yang paling bagus untuk tanaman gaharu ini
    terima kasih……………..

  8. edyjohan berkata:

    pak h arpan,nma saya edy ,saya sangat tertarik dengan usaha anda,,terutama pohon gaharu ini,,saya bersiap beli bibit gaharu,kepada anda,,dan saya ingin minta petunjuk dari beliau,,tolong bpk hub email atau hp saya di no 08126038263(medan)

  9. saya pembudids saya sekaligus menjual bibit gaharu dari jenis Aquilaria malacensis.
    tinggi batang 50 Cm, Rp 20.000, untuk wilayah medan, sumatera utara, kami juga telah menanam di beberapa tempat di SUMUT
    hubungi di 0812-6001-0028

  10. Djoko berkata:

    Pak H. Arpan, bagaimana car menghubungi Anda untuk memesan benih/bibit Gyrinops dalam jumlah sedikit untuk dikirimkan ke Pati, Jawa Tengah.
    Saya sangat berterimakasih seali bila ada yang bisa memberikan informasi penjual bibit gaharu A.malaccensis di Jawa Tengah…

    Bila ada yang mempunyai silahkan hubungi 081914451770
    Terimakasih

  11. bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan

    Jual bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200 / bibit

  12. Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, memiliki kandungan damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi secara alami atau buatan pada pohon Aguilaria sp (Thymelaeaceae).

    Harga 1 Batang Pohon Agarwood bisa mencapai beberapa ribu dollar USD per kilogram, makanya Pohon Ini disebut sebagai “POHON YANG SANGAT MAHAL DI DUNIA – ”MOST EXPENSIVE TREES IN THE WORLD”

    Setelah Penyulingan Harga Minyak Gaharu Bisa Mencapai Sekitar USD 5,000 ~ USD 10,000/kg dan Setelah Dibuat Menjadi Cairan Extract Harganya Mampu Mencapai Lebih Dari USD 30,000 atau Rp. 300.000.000,- / Liter.

  13. Arif Abdul Roziq Mustofa berkata:

    Jika Anda berminat bibit gaharu kami menyediakan bibit gaharu jenis unggul “Aquiliria Malaccensis”. Harga 1 Paket biji gaharu 350.000 dan Harga gaharu polibag siap tanam 1 Paket=50 batang 650.000.
    Khusus untuk polibag order minimal 2.000 Batang.
    Hubungi:Arif Abdul Roziq :085758926061 atau Email:namaku.abd@gmail.com

  14. saya tertarik dengan budidaya kayu gaharu, berapa biaya pengiriman ke padangsidimpuan Sumatera Utara,dan biaya bibit perbatangnya berapa? no hp saya 085762116200

  15. Dasthika Maya D. berkata:

    ass. saya jadi pengen datang ke lombok untuk melihat benih atau kalu ada rejekinya mau beli beberapa pohon. apakah boleh ya??? Dicky Singaraja Bali (08563727317) apakah saya bisa mita nomor kontak yg bisa saya hubungi…….., saya sementara cuma punya informasi untuk pengolahan daunnya, untuk dijadikan teh gaharu

  16. hadi berkata:

    pak bu silahkan buka iklan di olx jual bibit gaharu dan jasa inokulasi
    jual jenis
    gyrinops
    a.mallacensis
    crassna
    subintegra
    beccariana

    jual biji juga

    085755117842

  17. Yasir khonedy berkata:

    Saya sangat bangga dan kagum dgn bpk.yg telah mengambil andil besar dalam pelestarian lingkungan dan terjaganya ekosystem alam.mungkin tanpa usaha dri bpk kami anak2 bpk .hanya bisa dgr cerita bhwa ada dulu kayu gharu (beserta cerita tentang kegunaan dan keistimewaannya).ju2r pak saya sangat miris dgn keadaan hutan indonesia saat ini yg telah diambg kepunahan.di tempat saya pak lampung barat dulu smasa saya kecil th 80 han.msh bnyak kayu cendana.tpi saat ini hnya tgl cerita.maaf pak saya sedikit curhat.saya ingin skali mempertahankn hutan kita.tpi saya terbentur tentang pengetahuan tentang tanaman.saat ini saya sering membaca buku tentang tanaman yg insyaalloh kelak saya bisa membenihkn tanaman hutan.dan saat ini saya tlh sdkit bisa membenihkn tanaman jati dan tanaman kebun.saya sgt trtarik dgn penanaman pohon gharu agar kelak indondsiaini gak hnya tgl cerita tntng tanaman dan hutannya.kalau boleh tau pak bibit dan benih kayu gharu bs dipaket dlm bentu biji.dan cara penyemayannya krna klau dlm bentuk pohon bi2t agak susah pengirimannya.krna lokasi saya di kepulawan riau.
    Ju2r pak saya masalah nilai ekonomisnya pohon gharu blm terpikirkn tpi saya ingin menanamnya agar pohon gharu itu ada.dn bkn hnya tgl cerita
    Email saya.powerrengersraffa@yahoo.co.id
    No tlp 081311021019

  18. ibu ida ayu berkata:

    saya sangat salut dengan usaha dan kegigihan bapak, sudah lama saya butuh informasi mengenai penjualan bibit gaharu jenis gyrinops, terutama bijinya utk saya bisa kembangkan di daerah kami di kota waingapu, kab. sumba timur, NTT. apakah jenis ini cocok untuk daerah panas, dataran rendah dan sedikit lahannya berbatu kapur. mohon informasinya dan berapa harga biji jenis ini per kilogramnya, terimakasih sebelumnya

  19. towi adnan berkata:

    kalo beli bibit gaharu minimal brapa banyak? berikut ongkir k garut harga nya brapa? ada nomor yg bisa saya hubungi?
    kontak hp. 08112110666

  20. Mulyadi berkata:

    Slmt siang Pak, semua berita membicarakan inokulan dgn fusarium tp tidak ada yg secara jelas dimana bisa mendapatkan jamur fusarium tsb dan brp harganya teruma di Palembang. Mohn bantuannya….

  21. sugeng taryono berkata:

    agan-agan saya numpang jualan pupuknya saja, pupuk cair organik Bioter pupuk super multi guna , cocok untuk tanaman keras anda dopping untuk mempercepat pertumbuhan tanaman keras.
    hub : pak sunardi
    sugeng 087845664031

  22. efrina ramadhani berkata:

    mertua saya tertarik untuk menanam bibit gaharu di Pulau Nias untuk areal sekitar 1 s.d. 2 hektar, klu boleh tahu berapa yaa pak harga per batangnya??? kira2 bpk berkenan untuk menghubungi saya di no. hp. 085206669779 untuk lebih lanjutnya atau di e-mail: efrina_ramadhani@yahoo.com

  23. wahyudiono berkata:

    saya wahyudiono(21th),kalimantan timur

    saya ingin belajar lebih banyak tentang gaharu.

    saya ingin jd pemula yang sukses.tolong dbntu yc pak h.arfan

    hp: 082254442354

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s