Prospek Komunikasi Pedesaan

Makalah ini mendiskusikan prospek pengembangan komunikasi masyarakat pedesaan Indonesia.

Keberhasilan komunikasi pedesaan ditentukan beberapa faktor, yang terdiri dari aspek infrastruktur, layanan, business model, layanan pelanggan, dan kemudahan pemasangan. Akar permasalahan adalah: infrastruktur harus murah, layanan harus mendukung kebutuhan sosial, ekonomi, dan pemerintahan di pedesaan, model bisnis harus menarik bagi investasi, layanan pelanggan yang memudahkan perolehan pelanggan dan pembayaran, serta pemasangan peralatan yang dapat dilakukan tenaga setingkat teknisi lulusan STM/SMK. Sistem komunikasi di desa dengan 16 pengguna memiliki prospek yang baik (dapat mencapai IRR > 30%, BEP < 3 tahun) bila unit akses desa tidak melebihi Rp. 12 juta

SELENGKAPNYA DALAM FORMAT pdf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s