Desa Mandiri Energi

Warga Antusias Ikuti Program Desa Mandiri Energi

Sedikitnya 75 warga masyarakat dari berbagai kampung di Kabupaten Biak Numfor, Papua, antusias mengikuti program penguatan kelembagaan desa mandiri energi (DME) di Biak, Senin (16/7)

Asisten Satu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Biak Numfor, Drs SJ Halatu mengatakan, pemerintah akan melaksanakan program Desa Mandiri Energi supaya masyarakat tidak lagi mengandalkan bahan bakar minyak yang harganya semakin mahal. Program Desa Mandiri Energi yang sedang digiatkan pemerintah bertujuan mendorong masyarakat untuk menanam jarak pagar (jatropha oil), singkong, tebu, dan kelapa sawit yang menjadi bahan biodiesel.

“Kebijakan pemerintah itu saat ini sedang diinventarisasi beberapa desa untuk dijadikan, proyek percontohan, misalnya desa yang mempunyai lahan yang cocok untuk tanaman jarak pagar,” katanya. Dari 13 hektar lahan tanaman jarak pagar jika diolah menjadi bahan biodiesel menghasilkan 400 barel solar perhari.

Melihat informasi dari http://www.kompas.com ini, sungguh sebuah langkah yang cerdas dari pemerintah daerah dalam mengantisipasi krisis energi yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Ironis memang ketika tahun 80 an kita adalah negara yang sangat berperan dalam percaturan perminyakan dunia kini kita menjadi terpuruk dan krisis.

Bukan sekedar mempersalahkan tapi mencari solusi bagi kesejahteraan rakyat adalah tugas pejabat. Contoh cerdas telah diberikan oleh mereka yang ada di papua, kapan ada langkah cerdas pimpinan nasional?

Semoga kesadaran secepatnya diberikan pada mereka yang mengelola bangsa dan negara ini.

Iklan

Satu pemikiran pada “Desa Mandiri Energi

  1. Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://energi.infogue.com/desa_mandiri_energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s