Bahan Bakar Kambing

Pupuk dan Bahan Bakar dari Limbah Kambing

BETERNAK kambing ettawa banyak untungnya. Tak hanya daging dan susu, kotoran ternak ini pun memiliki nilai ekonomis tinggi. Kotoran kambing bisa diolah menjadi pupuk organik.

Kompos limbah kambing tidak menimbulkan bau menyengat. Kotorannya juga cepat kering menjadi mirip serbuk tanah. Peralatan yang digunakan cukup sederhana. Peternak hanya membutuhkan tempat penyimpanan dan alat penggiling. Biasanya, tempat penggilingan ditempatkan di kawasan terbuka. Tujuannya, memudahkan proses pengeringan.

Pembuatan kompos diawali menimbun kotoran kambing yang menumpuk di kandang. Biasanya, peternak membersihkan kotoran ini seminggu sekali. dikumpulkan dalam tempat khusus. Timbunan kotoran dicampur obat khusus untuk menggemburkan. Setelah sebulan, bibit kompos ini dihancurkan. Kemudian, dikeringkan dan dikemas dalam takaran khusus.

Harganya bisa menembus Rp 1.000 per kg. Pupuk alami buatan Desa Tlemung ini banyak diburu petani bunga di Banyuwangi. Sayangnya mereka belum mampu memenuhi pesanan dalam jumlah besar. Belum semua peternak peduli mengolah limbah kambing menjadi pupuk.

Bagi yang serius menekuni usaha ini hasil yang didapat lumayan besar. Dalam sebulan pendapatan bersih tidak kurang dari Rp 3 juta. Peternak setempat kesulitan modal untuk serius menekuni usaha ini. “Meski sederhana, kami perlu modal,” kata H. Mustofa, pencetus pembuatan kompos limbah kambing di Desa Tlemung.

Idenya berawal dari petunjuk sejumlah mahasiswa jurusan peternakan. Ketika melakukan penelitian di desa ini, mereka mengajari metode pembuatan kompos.

Kayu-kayu bekas pakan ternak juga dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Dalam sehari, peternak harus menyediakan 7,5 kg pakan untuk seekor ternak. Tiap peternak memiliki 15-50 ekor kambing. Limbah dari pakan ternak bisa menjadi pengganti minyak untuk memasak.

Kini peternakan kambing ettawa di Tlemung mulai ditiru sejumlah daerah di Jawa Timur. –udi


Khasiat Susu Kambing

SUSU kambing hasil Desa Tlemung dilirik peminat juga karena khasiatnya. Susu kambing diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit kronis dan menjadi minuman penguat stamina. Di perkotaan susu kambing banyak dijual tokok-toko jamu.

Di tingkat produsen harganya bisa menembus Rp 15.000 per liter.
Tiap hari, seekor kambing bisa menghasilkan setengah hingga satu liter susu segar. Lalu, dipanaskan dalam suhu 70 derajat. Susu setengah matang ini kemudian dikemas dan disimpan dalam almari pendingin.

Saya baru dua bulan minum susu kambing. Penyakit sesak napas yang kronis saya berangsur hilang,” ujar Mardiyah (40). Setelah berobat cukup lama, penyakit sesak Mardiyah tak kunjung sembuh. Lalu ada seseorang yang menawari susu kambing. “Saya biasanya minum sehari dua kali,” ujarnya.

Sebagian penikmatnya menuturkan, susu kambing diyakini bisa menetralisir racun dalam tubuh. Bagi perokok disarankan banyak mengonsumsi susu ini. Pria yang rajin mengonsumsinya tidak mudah lelah, karena kandungan mineral dan proteinnya tinggi. -udi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s