Partai Rangkul Perangkat Desa

Kamis, 21 Agustus 2008 | 20:43 WIB

TEMPO Interaktif, MADIUN:Partai politik di Kabupaten Madiun berlomba menyediakan tempat bagi perangkat desa untuk menjadi calon legislator. Kesempatan kepada perangkat desa, seperti kepala desa, sekretaris desa, sama besarnya dengan kader-kader partai.

Wahyudi, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun, menjelaskan, diketahuinya banyak perangkat desa yang mendaftar menjadi calon legislator berdasarkan hasil verifikasi hari ini, Kamis (21/8).

Partai yang diketahui mengajukan perangkat desa, di antaranya Partai Demokrat, Hanura (Hati Nurani Rakyat), Gerindra (Gerakan Indonesia Raya), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK). “Perangkat desa itu, ya, Kepala Desa, juga Sekretaris Desa yang masih aktif,” katanya kepada wartawan di Madiun, Kamis (21/8).

Tak hanya perangkat desa, camat dan pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun maju sebagai calon. Misalnya di PDK, dari 54 nama yang diajukan, empat di antaranya adalah PNS, dan puluhan di antaranya adalah perangkat desa.

Anggota KPU Madiun lainnya, Totok Suprapto, mengatakan berdasarkan aturan yang berlaku, perangkat desa dan PNS memang tidak dilarang mendaftarkan diri. Namun harus menyertakan pernyataan siap mengundurkan diri bila terpilih. ’’Calon dari PNS atau perangkat desa yang tidak melengkapi persyaratan akan kami minta memenuhinya,’’ katanya.

Ketua Umum PDK Kabupaten Madiun, Dimyati Dahlan, membenarkan sebagian calon yang diajukanpartainya adalah perangkat desa, serta beberapa PNS. “Mereka akan mengundurkan diri dari jabatan ketika terpilih, karena pengunduran diri juga butuh proses,” ujarnya.

Dimyati beralasan, para perangkat desa merupakan basis binaan partainya, yakni para perangkat desa yang tergabung dalam Parade (Persatuan Rakyat Desa Nusantara) Kabupaten Madiun. Dini Mawungtyas

Cuplikan berita diatas menunjukkan ketidaksiapan partai politik dalam proses pemilu yaitu menawarkan kader partai. semoga 2009 mampu menjadi tonggak demokratisasi Indonesia, jayalah orang orang desa.

Satu pemikiran pada “Partai Rangkul Perangkat Desa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s