penjual jamu gendong kembangkan usaha

Potensi Desa Miricinde, Kecamatan Purwantoro Lewat kelompok, penjual jamu gendong kembangkan usaha

Seperti kebanyakan desa-desa di wilayah Wonogiri, sektor pertanian masih menjadi tumpuan utama bagi sebagian besar penduduk di Desa Miricinde.

Meski begitu, tak lantas berarti bahwa desa ini miskin dengan potensi lainnya. Terbukti, tak sedikit penduduk desa ini yang menggantungkan hidupnya dari usaha perdagangan dan kerajinan. Salah satu yang cukup menonjol adalah kerajinan mebel.

Di desa kami ada delapan orang pengrajin mebel, tiga di antaranya sudah cukup besar,” kata Kepala Desa Miricinde, Maryanto kepada Espos di Wonogiri, beberapa waktu lalu.
Tiga dari delapan pengrajin mebel, sambung Maryanto, telah berdiri cukup lama, yaitu sekitar 20 tahun lebih. ”Biasanya mereka menerima pesanan dari sekolah-sekolah, lalu secara rutin ke beberapa daerah di Wonogiri. Kadang kala ada pula pesanan dari Jakarta atau Semarang,” jelasnya lagi.

Masing-masing pengrajin rata-rata mempekerjakan sekitar lima pekerja. Untuk pengrajin yang cukup mapan bahkan mampu mempekerjakan hingga 10 orang pekerja. Biasanya, bila pesanan mebel sedang ramai, para pengrajin merekrut tetangga mereka untuk membantu.
Potensi lain di Desa Miricinde adalah penjual jamu gendong. Diterangkan Maryanto, di desanya terdapat sedikitnya 30 penjual jamu gendong sebagian besar di antaranya menjajakan jamu mereka di sekitar Kecamatan Purwantoro. Sebagian lainnya merantau ke beberapa kota besar dan menjual jamu mereka di sana.

Ditambahkan dia, melalui kelompok usaha bersama, dan bantuan tambahan modal dari pemerintah, para penjual jamu gendong ini mampu mengembangkan diri. ”Bantuan modal itu disalurkan melalui kelompok usaha bersama, saat ini usaha ada dua kelompok usaha bersama penjual jamu di Desa Miricinde,” imbuhnya. –

Solopos.co.id – Edisi : Senin, 06 Oktober 2008 , Hal.VI Oleh : Esmasari Widyaningtyas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s