Terjunkan Sarjana ke Desa

Tekan Angka Kemiskinan  Asahan Terjunkan Sarjana ke Desa

Sosial Politik – Jumat, 26-12-2008

*indra sikoembang

MedanBisnis – Kisaran Untuk mendorong peningkatan pemberdayaan masyarakat desa serta pengentasan kemiskinan, Pemkab Asahan akan menerjunkan 50 orang Sarjana Penggerak dan Pendamping Pembangunan (SP3) di daerah tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Asahan, Sofyan Yoga mengatakan, program ini akan dilakukan secara bertahap. Karena selain bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa, juga bertujuan untuk memberdayakan sarjana-sarjana yang belum memiliki lapangan pekerjaan agar berperan serta dalam mengaplikasikan ilmunya ke tengah masyarakat.

“Konsep ini sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi, yang menuntut seorang sarjana harus bisa mengabdikan dirinya di tengah-tengah masyarakat,” ujar Yoga kepada MedanBisnis, Selasa (23/12)Menurutnya, melalui program ini, pemerintah daerah memberikan kesempatan kepada para alumni perguruan tinggi yang ada di daerah untuk berperan aktif dalam proses pembangunan sekaligus kesempatan belajar memanagemen pembangunan di desa bersama masyarakat dan aparatur pemerintahan desa, sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

“Program ini benar-benar sangat bermanfaat. Kami akan latih para sarjana ini bagaimana untuk menggerakkan pembangunan di desa, sehingga terjadi peningkatan partisipasi pembangunan. Tahun depan tenaga SP3 ini sudah diturunkan ke desa,” ujar Yoga

Dijelaskannya, para sarjana tersebut akan bertugas sebagai penggerak dan pendamping serta memberikan advokasi kepada masyarakat. Membantu aparatur pemerintahan desa untuk melihat peluang dan potensi yang bisa dikembangkan desa serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Juga menyusun program pembangunan di desa.

“Kami berharap dari program ini pemerintah daerah dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. Karena desa merupakan basis ekonomi bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” papar Yoga. Yoga mengatakan, saat ini Pemkab Asahan sedang melakukan proses rekruitmen para calon sarjana pendamping dan penggerak pembangunan tersebut.

http://www.ombudsman-asahan.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s