Demonstrasi Perangkat Desa

Demonstrasi Perangkat Desa di Sragen Ricuh

Liputan6.com, Sragen: Demonstrasi ratusan perangkat desa di Sragen, Jawa Tengah, baru-baru ini diwarnai kericuhan. Para perangkat desa menuntut bupati menaikkan gaji mereka sesuai upah minimum kabupaten. Kericuhan berawal saat para perangkat desa tidak diizinkan masuk ke halaman Kantor Bupati Sragen. Pengunjuk rasa kemudian menjebol pagar kantor tersebut.

Para perangkat desa ini menuntut perbaikan kesejahteraan. Terutama, kenaikan penghasilan sesuai upah minimum kabupaten atau UMK. Selama ini, penghasilan mereka sebesar Rp 190 ribu per bulan ditambah tanah bengkok. Menurut mereka, penghasilan itu masih jauh dari UMK yang mencapai Rp 600 ribu lebih. Padahal, berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Tengah, penghasilan para perangkat desa harus sesuai dengan UMK.

Selain penghasilan sesuai UMK, pengunjuk rasa juga menuntut tambahan penghasilan dari anggaran daerah atau APBD seperti yang diperoleh tahun 2007 sebesar Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu per bulan. Pemerintah Kabupaten Sragen mengaku telah mengucurkan dana subsidi sebesar Rp 4,5 miliar dari APBD 2008. Namun yang menerima baru 1.700 dari sekiitar 3.000 perangkat desa yang ada mengingat anggaran terbatas.

Lantaran tidak semua perangkat desa menerima, demonstran mengancam akan mengundurkan dari dari kepanitiaan pemilihan umum. Terutama, bila tuntutan mereka tidak dipenuhi.(ANS/Wiwik Susilo)

http://www.liputan6.com 08/01/2009 17:32

2 pemikiran pada “Demonstrasi Perangkat Desa

  1. Eko Senthon berkata:

    Demo kok di depan halaman pemda. ya mbok di DayuPark sanan. itu juga aset dearah. Salahe gelem di jak wayangan pendak wengi yo mas Petruk. Entek2 no duwite wong sragen nganti klenger, ora bakal entek kanggo anak+ bojo2 Mu. Nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s