20 Pasar Desa Dapat Dana Segar dari Pemkab

20 Pasar Desa Dapat Dana Segar dari Pemkab

Jemberpost.com – Pemkab Jember terus melakukan peningkatan kesejahteraan perekonomian masyarakat desa. Salah satunya dengan cara menyalurkan bantuan stimulan kepada pasar desa.Nantinya, bantuan tersebut bisa digunakan untuk merehabilitasi los-los pasar tempat para penjual menggelar dagangannya.

Kabid Pengembangan Perekonomian Masyarakat Bappemas Kabupaten Jember, Drs. Mukhair Djauhari, mengatakan jumlah dana stimulan pasar desa tahun 2009 akan meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Dana stimulan pasar desa tahun ini ditambah, karena program ini dinilai berhasil membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Terutama sebagai tempat penjualan hasil bumi warga sekitar dengan para pedagang, sekaligus menjadi media perputaran modal bagi desa yang berjauhan dengan pasar kecamatan dan kota,” ujarnya.

Bila tahun sebelumnya, 20 pasar desa masing-masing mendapat dana stimulan untuk rehabilitasi los pedagang sebesar Rp 27,5 juta. Tahun ini, bantuan itu ditingkatkan lagi menjadi Rp 30 juta per pasarnya.

Bantuan ini sebagai tindak lanjut bantuan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2006 lalu, 12 pasar desa tradisional dijatah masing-masing Rp 21 juta, tahun 2007 nilainya ditambah menjadi Rp 25 juta untuk 6 pasar.

Di sisi lain Mukhair menjelaskan, syarat pasar yang mendapatkan bantuan tersebut diantaranya sudah ada embrionya, yakni sebagai tempat masyarakat menjual hasil bumi serta mencari berbagai kebutuhan pokok sehari-hari.

“Pasar tipe ini biasa disebut masyarakat setempat sebagai pasar krempyeng, umumnya menjual berbagai macam komoditas pertanian dan bahan makanan pokok yang diperlukan masyarakat desa,” tuturnya.

Guna menentukan lokasi pasar yang layak menerima bantuan, katanya, Bappemas melakukan survei di lapangan terlebih dahulu. Kemudian memastikan bahwa pasar tersebut berada di atas tanah kas desa. “Pasar yang menjadi sasaran adalah pasar yang memang sebelumnya sudah cukup ramai, dan menjadi jujukan masyarakat mencari barang,” terangnya. [BJ]

http://www.jemberpost.com, Jumat, Januari 16, 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s