Indosat Masuk Desa

Tanpa USO, Indosat Tetap Masuk Desa
Ardhi Suryadhi – detikinet

Rangkas Bitung -Indosat boleh saja tidak memenangkan tender telepon pedesaan dalam program USO, namun operator seluler kedua terbesar di Tanah Air ini tetap akan memperluas cakupan jaringannya ke area pedesaan.

Dirut Indosat Johnny Swandi Sjam, meski belum mau menyebut jumlah anggaran dan unit jaringan yang akan dibangun, namun ia memastikan pembangunan antara area perkotaan dan pedesaan relatif imbang tahun ini.

“Tahun 2009 ini rencananya, lima puluh persen pembangunan jaringan Indosat akan dialokasikan untuk memperluas coverage di pedesaan. Sementara, sisanya untuk meningkatkan kapasitas di perkotaan,” ujarnya di sela peresmian BTS Indosat di desa Citorek, Rangkas Bitung, Banten, Selasa (3/2/2009).

Indosat belum menetapkan anggaran belanja modal 2009 ini. Pun, begitu pula dengan rencana pembangunan jaringan. Jika mengacu pada tahun sebelumnya, operator ini membangun jaringan base transceiver station (BTS) sebanyak 3000 unit dengan anggaran capital expenditure (capex) sebanyak US$ 1,4 miliar.

Dana capex tersebut sudah termasuk alokasi anggaran US$ 230 juta untuk satelit Palapa-D. Nah, jika Johnny menyebutkan satelit tidak termasuk dalam anggaran tahun ini, kemungkinan anggaran capex menyusut sekitar US$ 1 miliar sampai US$ 1,2 miliar. “Memang lebih kecil dari tahun lalu,” ujarnya.

Sementara, jika tahun lalu BTS yang dibangun Indosat sebanyak 3000 unit, bisa jadi infrastruktur yang disiapkan untuk memperluas cakupan layanan pedesaan tahun ini sebanyak 1500 unit.

“Ini komitmen kami. Meskipun tanpa USO, Indosat juga akan masuk ke pelosok pedesaan. Contoh nyatanya ialah peresmian BTS kami di Citorek, di mana kami merupakan satu-satunya operator seluler di desa itu,” pungkas Johnny.

Desa Citorek berada wilayah Rangkas Bitung, Banten. Desa yang punya jarak tempuh enam jam dari Jakarta ini sejatinya punya potensi bisnis yang cukup potensial mengingat ada 6500 kepala keluarga yang bercokol di area tersebut. ( rou / rou )

http://www.detikinet.com  Selasa, 03/02/2009 18:45 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s