Atim, Ekspor Ijuk Sampai Taiwan

[ kompas.com Jumat, 15 Mei 2009 | 15:51 WIB ]  Produsen sapu ijuk mungkin bukan profesi yang mentereng. Namun, dengan jaringan pemasaran yang bagus dan kejelian melihat peluang, Atim Hanafizi berhasil mengekspor sapu ijuk buatan Sukabumi ke Taiwan. Tetapi, Atim juga mesti menempuh perjalanan panjang sebelum sukses menjadi pengusaha seperti sekarang.

Usai lulus dari sekolah menengah ekonomi atas (SMEA) pada 1991, Atim sempat bekerja sebentar di Padang. Merasa kurang mendapat tantangan, ia memilih merantau ke Jakarta demi meraih penghasilan yang lebih baik.

Ternyata, keberuntungan belum berpihak pada pria kelahiran 38 tahun silam itu. Pelbagai pekerjaan sudah dia jajal, contohnya menjadi salesman dan penjaga toko.

Bosan berganti-ganti pekerjaan, pada 1993 kakaknya yang telah menjadi manajer di sebuah perusahaan ekspor impor menarik Atim ke perusahaannya. Rupanya, sang kakak dipercaya mengurus bisnis seorang pengusaha Taiwan. “Maklum, kalau orang dari luar negeri biasanya agak susah mengurus surat pendirian perusahaan,” ujar dia.

Dari sinilah Atim mulai mengenal bisnis. Perusahaan ekspor impor bernama PT Alsamindo Patamo itu mencoba mencari barang pasokan untuk pasar Taiwan. “Kami juga mengimpor barang dari Taiwan, misalnya magic jar, kipas angin, dan beberapa barang elektronik,” kata dia.

Sebelum mendapat permintaan sapu ijuk, Atim mengekspor arang, talenan dari kayu hitam, dan beberapa jenis barang lainnya. Tahun 1996, Alsamindo mendapat permintaan mengekspor sapu ijuk ke Taiwan. Tentu saja Atim harus melakukan survei terlebih dulu ke sejumlah daerah untuk mendapatkan produk yang bagus sekaligus menghitung biaya.

Ada tiga daerah yang dia jajaki, yaitu Cianjur, Tasik, dan Sukabumi. Tapi, pilihan Atim akhirnya tertambat di Sukabumi. Menurut dia, Sukabumi memiliki beberapa kelebihan ketimbang Cianjur dan Tasik. Pertama, letaknya cukup dekat dengan Jakarta. Kedua, pasokan bahan bakunya banyak. Ketiga, Atim merasa sudah cocok dengan perajin sapu ijuk di Sukabumi.

Atim memang memproduksi sendiri sapu ijuk tersebut. Na-mun, ia tidak turun langsung. Ada orang kepercayaan yang ia pekerjakan untuk mengawasi proses produksinya.

Sebagai pendatang baru, Atim memang kerap dikecewakan oleh mitra kerjanya. Maka, dia terbilang sangat hati-hati memilih mitra kerja.

Ada saja permasalahan yang ia hadapi. Mulai dari pesanan yang tidak bisa selesai tepat waktu sampai bentuk sapu yang tidak sesuai dengan pesanan. Untungnya, sapu ijuk yang sudah diekspor itu tidak dikirim balik oleh importirnya. “Kalau tak bagus, mereka mengurangi harga,” ujar dia.

Kemudian, ia bertemu dengan Apip, mitra kerja yang saat ini menjadi pengawas atau mandor para pekerja Atim. Tadinya, Apip hanya seorang buruh pembuat sapu. Namun, Atim melihat pekerjaan Apip rapi dan ia bisa dipercaya. Mulailah, ia melatih Apip mengelola bisnis pembuatan sapu ijuk tersebut.

Produksi sapu ijuk Atim termasuk usaha padat karya. Se-mua proses produksi hampir tidak menggunakan mesin. Apa-lagi dia tidak menggaji pekerja khusus untuk membuat sapu ijuk.

Rata-rata pekerjanya adalah ibu rumah tangga atau pemuda putus sekolah. Mereka pun hanya bekerja setengah hari.

Pertama kali memproduksi sapu ijuk, modal Atim hanya Rp 1,7 juta. Dana sekecil itu dia pakai untuk membeli bahan baku dan membayar 3 pekerja. Saat ini Atim mempekerjakan 35 orang pembuat sapu ijuk.

Bisnis sapu ijuk ini juga menghadapi banyak kendala lain. Misalnya, produksi sapu ijuk yang sangat tergantung jumlah pekerja dan faktor cuaca. “Di Sukabumi, kalau musim tanam, orang lebih memilih bekerja di ladang sehingga mereka hanya bekerja setengah hari di pabrik,” keluh Atim.

Jika musim hujan datang, produksi sapu ijuk pun bisa ber-kurang banyak. Sebab, ijuk yang menjadi bahan baku pembuatan sapu ijuk tidak mendapat sinar matahari untuk membuatnya kering.

Padahal, permintaan sapu dari Taiwan banyak. Bahkan, Taiwan bisa menampung berapa pun jumlah sapu ijuk yang ia kirimkan. Hanya, kemampuan produksi Atim masih terbatas.

Awalnya, Atim hanya mampu mengirim sapu sebanyak 2.000-5.000 buah per bulan. Secara bertahap, produksi sapu ijuk Atim terus bertambah hingga bisa mencapai satu kontainer atau sekitar 30.000 batang sapu ijuk per bulan.

Sebatang sapu ijuk dia jual seharga 0,4 dollar AS hingga 1 dollar AS. Semakin baik kualitas sapu ijuknya, harga yang dia pasang juga semakin mahal. Dus, sekali kirim ke luar negeri, omzet Atim bisa mencapai antara Rp 125 juta – Rp 150 juta.

Pendapatan Atim dari sapu ijuk bisa bertambah kalau nilai tukar rupiah terdepresiasi terhadap dollar AS. “Kalau sampai “Rp 12.000 per dollar AS, satu kali kirim keuntungannya bisa beli satu mobil,” celetuk Atim tanpa menyebutkan detailnya.

Agar tetap bisa mengantungi keuntungan, ia menghitung nilai tukar dolar AS paling rendah “Rp 9.000 per dollar AS. Jadi, Atim bisa mendapatkan laba bersih sebesar 10 persen-15 persen dari omzet.

Meski sudah mempunyai pasar yang cukup besar, Atim tidak lantas berdiam diri. Dia mengincar pasar di luar Taiwan. “Saya ingin masuk ke pasar Australia, Amerika Serikat, atau Eropa,” ungkap dia.

Selama ini kebutuhan modal kerja Atim cukup terpenuhi berkat hubungan baiknya dengan pengusaha Taiwan. Na-mun, untuk mewujudkan mimpinya mendobrak pasar negara lain, ia butuh tambahan modal kerja. Ia pun lantas mengikuti program kemitraan dari PT Perusahaan Nasional Madani (PNM).

Pucuk dicita ulam pun tiba. Ia mendapatkan kucuran dana segar dari PNM sebesar Rp 50 juta. Dana itu akan dia gunakan untuk membeli mesin pembuat plastik pangkalan ijuk. Jadi, dia tidak perlu lagi membeli plastik tersebut dari pemasok di Jakarta. Biaya produksi pun bisa dia hemat.

Kalau melihat semangat Atim, pasti bisnis sapu ijuknya bisa semakin yahud. Wush!  (Avanty Nurdiana/Kontan)

37 pemikiran pada “Atim, Ekspor Ijuk Sampai Taiwan

  1. kami adalah perusahan ijuk yang memproduksi berbagai kerajina dari ijuk, di antaranya:

    1. Sapu ijuk : sapu ijuk adalah sapu (alat pembersih lantai) yang terbuat dari ijuk.untuk sapu ijuk kami menerima order untuk berbagai permintaan baik itu eksport ataupun lokal. Untuk sapu ijuk kami sering menerima order untuk beberapa kreteria pemesanan, di antaranya :
    a. kami hanya melakukan pemasangan dengan bahan ijuk dari kami dan bahan lain dari pembeli, harga yang kami tawarkan saat ini dari Rp 2300 sampai 7000 / unit sapu
    b. kami hanya menjual kepala sapu ijuk tanpa gagang kayu harga dari Rp 3000 sampai 8000 / unit sapu
    c. sapu ijuk yang sudah jadi seluruh matrial dan pengerjaan oleh kami(siap pasar) hrga dari 4500 sampai 25000
    2. tali ijuk.
    3. ijuk bahan sapu&sikat dll
    4. sapu ijuk
    5. sikat ijuk
    6. ijuk atap
    7. ijuk eksport
    8. ijuk resapan
    9. dan berbagai kerajian dari ijuk

    untuk memberi sedikit gambaran mengenai prodak kami bapak bisa kunjungi kami di
    http://www.ijukeksport.co.nr
    hp, 085224030304
    emal ijuk_eksport.co.id

  2. ari berkata:

    kami punya bahan baku untuk membuat gagang sapu, stick drum, tongkat pramuka,dari kayu, kami siap bekerja sama untuk memasok bahan baku anda. hub. 081393809010

  3. Kami memproduksi sapu ijuk bermacam-macam kwalitas, tapi sampai saat ini blm bs masuk ke pasar jabotabek, kami butuh mitra kerja yg mau menerima orderan sapu kami, kami menyediakan harga yg relatip murah, bagi yg merasa kurang pasokan sapu ijuk nya bisa menghubungi 085720020060

  4. reza berkata:

    kami memproduksi ijuk mentah (cemara),kami mencari rekanan pemasaran, kami siap memenuhi kebutuhan ijuk anda..
    CP : 081802372424

  5. Berry berkata:

    Saya pengusaha plastik dalam bidang pembuatan barang2 plastik seperti skop plastik sapu dan lain sebagainya. Saya tawarkan untuk harga Skop plastik sapu Rp. 575,- bagi yang berminat silahkan hub.08882094042/022.7106082

  6. Kang Wawan berkata:

    Saya Wawan dari Ciamis Jawa Barat punya penggergajian jika butuh bahan baku gagang kayunya, Silahkan hubungi Saya di 081323180708, Trmksih

  7. iqbal asraruddin berkata:

    Kami memiliki bahan baku ijuk dlm jumlah yg banyak…unt bhn baku sapu kami siap bekerjasama

  8. Oso Sutarso berkata:

    Kami pengrajin ijuk Koperasi Karya Aren siap menyediakan bahan baku ijuk kualitas no 1 dan bahan gagang sapu ukuran sesuai pesanan dari bahan kayu mahoni, nangka, duren dll.

  9. kami baru begabung bersama situs jejaring sosial/intrnet..perkenalkan kami perusahaan yang melayani berbagi macam barang produk yang semua nya terbuat dari bahan ijuk baik ijuk ekspor maupun kerajinan ijuk.untuk lebih jelas nya dan yang berminat bisa hubungi perusahaan kami CV MN JAYA di 085295595893..kami akan trus mempromosikan dan meningkatkan pelayanan ekspor ijuk karena kami baru bergabung di situs ini..

  10. yudha berkata:

    saya membutuhkan atap ijuk siap pakai untuk ukuran gazeebo 3 x 2.5 m’, saya perantau dari bandung yang tinggal di bima-ntb….kirimkan email ke alamat yudhasapto@yahoo.co.id, segera ya mungkin ada distributor area mataram-lombok agar cepat proses pengirimannya lewat bus langsung indah or etc.

  11. Perusahaan kami memberikan fasilitas pinjaman untuk modal kerja dan investasi, apabila berminat dapat meng hubungi ke PT Sosial Enterprener Indonesia – Jakarta dengan kisaran minimal 300 – 700 juta/UKM untuk sektor agribisnis, handycraft dan furniture, masa pengembalian maksimal 4 tahun dan dipertimbangkan mendapat grace period (pembayaran pokok) selama 3 bulan.
    Alamat kantor : Gd. Ariobimo Sentral Lt. 2 Jl. HR Rasuna Said Blok X.2 Kav.5 Jakarta Selatan – 12950
    Tlp/Fax : (021) 52920914-52920925

    Mudah-mudahan bermanfaat bagi pengembangan bisnis UKM yang terkendala dengan permodalan dan kita akan memberikan pendampingan (Tehnical Assistance) dalam rangka memberikan perkuatan kelembagaan dan pengembangan pasar dan pemasaran.
    Terima kasih.

    Salam hormat, ria sugiat 081320537218

  12. Saya wildan . Asli lampung sya punya banyk bahan ijuk mentah / yang blum di olah jika anda mmbutuhkan silahkan hubngi 085789201145

  13. agung berkata:

    Saya Agung tinggal di Kalimantan Barat. Perlu ijuk, saya memiliki banyak stock bahan mentah ijuk. Yang membutuhkan hub: 0813-45-15-3004 (Tanpa Perantara)

  14. mursyid berkata:

    saya butuh gagang sapu ijuk 20000 broom stick ukuran 110 cm dangan diameter 2,4 untuk diexport ke polandia yang sudah dibungkus plastik kualitas bagus? lokasi saya dibandung dan dijakarta utara, contack saya 085759459669 – pin 26078787 balas cepat

  15. mursyid berkata:

    saya butuh gagang sapu ijuk , 20000 buah atau 1container broom stick ukuran 110 cm dangan diameter 2,4 untuk diexport ke polandia yang sudah dibungkus plastik kualitas bagus? lokasi saya dibandung dan dijakarta utara, contack saya 085759459669 – pin 26078787 balas cepat

  16. zulkifli abubakar berkata:

    Jika ada yang membutuhkan ijuk silahkan hubungi saya 081210426000, saya siap menyediakan untuk di ekspor.

  17. jika ad yang membutuh kan injuk saya menjual injuk 1 buat bhan sapu 2 bli ngancin 3 buat urugan 4 injuk mentah saya dri sukabumi jika ad yang minat tlpom ke no ini.085721900178

  18. dwi berkata:

    saya membutuhkan gagang sapu untuk kwalitas ekspor 1 contener dengan spesifikasi: halus, mulus, ujung berulir, kayu bebas. bagi yang berminat menjadi suplayer hub 081214724720 atau email ke ip_chemicals@yahoo.com

  19. Irmansyah berkata:

    Asalamualaikum…
    Sy irman pengusaha alat kebersihan kualitas expor…., jika saudara/i berminat ataupun membutuhkan informasi silahkan dapat menghubungi kontak telpon dan email di bawah ini : 081382035601 / adkcorporation@gmail.com

    Trims
    Wassalam🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s