Leuweung Larangan Kampung Adat Dukuh Masih Utuh

[ kompas.com Jumat, 31 Juli 2009 | 02:08 WIB ]  GARUT, “Leuweung larangan” (hutan terlarang) kampung Adat Dukuh yang dihuni 106 kepala keluarga  warga Desa Ciroyom Kecamatan Cikelet Garut, hingga kini berkondisi masih utuh bahkan terdapat banyak tanaman kayu rimba berusia ratusan tahun.  “Kearifan lokal warga tradisional tersebut, patut mendapatkankan apresiasi dari berbagai kalangan karena mereka berhasil melestarikan sekitar satu hektar  kawasan hutan peninggalan abad XVII di lingkungannya,” kata Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Garut Ir Eddy Muharam, Kamis.

Komunitas yang berpola hidup sangat sederhana, yang memiliki pandangan berdasarkan sufisme pada Mazhab Imam Syafii itu, ternyata juga sangat arif dan bijaksana dalam menjaga, memelihara serta melindungi kelestarian hutan belantaranya.

Terlebih lagi di hutan ini, terdapat pemakaman wali KH. Syekh H. Abdul Jalil, makam Eyang Hasan, Husein serta makam lainnya yang dikeramatkan, dengan tata cara ziarah sangat khusus sehingga seluruh kawasan hutan tidak bisa sembarang dijamah siapapun.

Pada bagian hilir hutan dan komplek pemakaman yang sarat ditumbuhi beragam jenis vegetasi rimba bergaris tengah pohon 0,5 – 1 meter, itu mengalir air yang sangat jernih.

“Dibawah rumpun bambu tersebut, sepanjang masa terdengar gemersik air yang benar-benar bernuansakan alami,” kata Kepala Seksi Rehabilitasi Lahan Dinas Kehutanan Garut, Endang Rusmana.

Dari hasil serangkaian observasi di perkampungan itu, akan dilakukan kajian guna diadopsi penerapannya secara persuasif kepada masyarakat umum termasuk yang bermukim di perkotaan.

“Meski dipastikan tidak bisa langsung membuahkan hasil maksimal, namun setidaknya ketauladanan warga adat tersebut bisa dijadikan contoh untuk melestarikan alam,” kata Endang Rusmana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s