Presdir PT Graha Rahadi Sarana Mekarsari, Mohammad Ihsan

Mohamad Ridwan [ sinarharapan.co.id Senin 04. of Mei 2009 16:40 ]  JAKARTA – Taman Wisata Mekarsari yang sebelumnya bernama Taman Buah Mekarsari sejatinya merupakan taman buah yang terbesar di Indonesia, bahkan di Asia. Taman yang berdiri di areal seluas 264 hektare ini adalah proyek percontohan agrowisata yang digagas oleh mendiang Ibu Tien Soeharto.

Pembangunan proyek Taman Buah Mekarsari memakan waktu hampir lima tahun, mulai dari pencanangan pada tahun 1990 hingga diresmikan pada 1995, bertepatan dengan hari pangan sedunia.

Pada perkembangannya, pamor taman ini memang sempat memudar setelah sang pengagas meninggal dunia, dan suaminya, Pak Harto, lengser dari kursi kepresidenan RI. Praktis pengelolaan Taman Buah Mekarsari kala itu menjadi kurang optimal karena kurang didukung oleh fasilitas-fasilitas permainan layaknya tempat rekreasi lainnya.

Taman Buah Mekarsari hanya jadi tempat penelitian dan contoh pembibitan buah-buahan yang ada di seluruh Indonesia dan dunia, sehingga konsep agrowisata yang ditawarkan pengelola menjadi kurang menarik bagi sebagian besar pengunjung.

Namun sejak Taman Buah Mekarsari berganti nama menjadi Taman Wisata Mekarsari, konsep wisata yang ditawarkan kepada pengunjung pun dikembangkan menjadi lebih variatif dan menyenangkan. Pengelola berusaha memadukan konsep agrowisata dengan konsep taman wisata dengan memaksimalkan potensi wisata alam Danau Cipicung yang terletak di dalamnya.

Dengan mengusung konsep baru serta penambahan berbagai fasilitas permainan air seperti wisata keliling danau dengan perahu motor, kini Taman Wisata Mekarsari pun menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat di wilayah Jabodetabek. Lebih dari 1,7 juta orang wisatawan per tahunnya berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari yang terletak di Jalan Raya Cielungsi–Jonggol Km 3, atau sekitar 30 menit dari pintu tol Cibubur ke arah Jonggol.

Melihat potensi wisata yang sangat besar tersebut, PT Mekar Unggul Sari selaku pengelola Taman Wisata Mekarsari kemudian mengandeng PT Graha Rahadi Sarana Mekarsari untuk mendesain, membangun dan mengelola megaproyek, yakni sebuah taman wisata air atau water park yang teritegrasi di dalam areal Taman Wisata Mekarsari.

Capai 20 Persen

Dalam wawancara dengan SH, di Jakarta, beberapa waktu lalu, Presiden Direktur PT Graha Rahadi Sarana Mekarsari Mohammad Ihsan mengungkapkan bahwa proyek pembangunan Water Park Mekarsari hingga kini telah mencapai 20 persen. Diharapkan pada tanggal 1 Januari 2010, kompleks water park yang menghabiskan dana sebesar Rp 70 miliar ini sudah bisa beroperasi secara penuh. “Grand opening-nya direncanakan pada tanggal 1 Januari 2010, tapi soft opening-nya dijadwalkan pada saat Lebaran tahun 2009 nanti,” kata Ihsan.

Dia menambahkan, luas areal yang akan dipergunakan untuk pembangunan kompleks Water Park Mekarsari pada tahap awal mencapai 7,7 hektare dari total 46,7 hektare luas lahan yang mereka kelola.

Dibandingkan tempat-tempat rekreasi sejenis, Water Park Mekarsari memang memiliki konsep yang patut dibanggakan. Boleh dibilang, Water Park Mekarsari merupakan satu-satunya taman wisata air yang lahir dari kreasi anak bangsa. Di mana semua desain, konsep hingga pengerjaan dilakukan oleh putra-putri asli Indonesia. Kita punya moto from nothing to something, dan itu yang ingin kita wujudkan di proyek ini,” ujar Ihsan.

Keunikan dan Kelebihan

Untuk proses desain, riset dan pengembangan konsep, Ihsan bersama tim arsiteknya yang dikepalai Ir  Widiantono membutuhkan waktu hampir tiga tahun untuk memperoleh hasil yang maksimal. Tak berlebihan jika keberadaan Water Park Mekarsari ini pun disebut-sebut memiliki karakter dan keunikan tersendiri yang tak akan kita jumpai di water park lainnya.

Salah satu keunikan sekaligus kelebihan Water Park Mekarsari ini adalah keasrian dan keteduhan lingkungannya karena terletak di areal Taman Wisata Mekarsari yang memiliki lebih dari 100.000 pohon yang berasal dari 1.500 varietas. “Di dalam areal Water Park Mekarsari sendiri rencananya akan ditanam 2.000 batang pohon,” kata Ihsan.

Selain menawarkan keasrian dan keteduhan, Water Park Mekarsari juga menawarkan konsep edukasi, sehingga pengunjung yang datang tidak hanya mendapatkan kesenangan semata, tetapi juga unsur pendidikan.

Sementara dari segi fasilitas, bisa dikatakan Water Park Mekarsari ini merupakan kompleks water park yang memiliki fasilitas permainan air paling lengkap. Aneka macam fasilitas permainan air seperti kolam arus dengan panjang mencapai 500 meter dengan lebar 4,5 meter, papan seluncur, tornado, semburan dan pancuran air, taman bermain air, serta fasilitas outbond di air tersedia di sini.

Uniknya, mereka juga mengunakan papan seluncur atau slide yang mereka desain dan buat sendiri dengan kandungan bahan baku dari dalam negeri. Demikian halnya dengan desain air mancur yang bisa berjoget mengikuti irama lagu. Air mancur ini juga dibuat sendiri sehingga dari segi bujet jauh lebih murah, yakni hanya sekitar 1,8 miliar.

Selain itu mereka juga memberdayakan seniman-seniman lokal sebagai pelukis air brush. “Ada sekitar 200 seniman yang kami berdayakan untuk memproduksi aneka macam merchandise berupa gantungan. kunci, korek api dan sejenisnya yang dipoles air brush,” imbuhnya.

Tak hanya itu, areal Water Park Mekarsari juga akan dilengkapi dengan fasilitas food court yang sangat lengkap untuk segala segmen. “Dari total area yang dibangun, 30 persennya memang diperuntukan sebagai lahan food court. Sejauh ini sudah lebih dari 40 tenant besar yang menyatakan siap bergabung. Kami membentuk market berdasarkan zoning, biarkan pengunjung yang menentukan pilihannya masing-masing sesuai dengan kemampuannya,” ungkap pria kelahiran Palembang, 13 April 1971 itu.

Di dalam areal Water Park Mekarsari juga akan dibangun Mini Market, Studio Shooting Area, Family Ghatering Area, Podium Hall Band dan Multifunction Hall serta masjid tiga lantai yang bisa dimanfaatkan untuk acara akad nikah dan resepsi pernikahan dengan kapasitas undangan mencapai 750 undangan.

Bagi pasangan pengantin baru yang ingin berbulan madu, pengelola juga menyediakan paket bulan madu di lima unit tempat penginapan privat, lengkap dengan paket makan malam romantis di atas restoran terapung yang didesain menyerupai kapal pinisi. “Suasana di sini sangat romantis karena kita juga dianugerahi view yang sangat indah yang memungkinkan pengujung untuk bisa melihat sunset setiap sore,” ujar Ihsan. N

6 pemikiran pada “Presdir PT Graha Rahadi Sarana Mekarsari, Mohammad Ihsan

  1. dewi berkata:

    mudah2an ticket masuknya nga mahal ya yang terjangkau oleh menengah
    kita tunggu sekali pembukaan nya

  2. Kepada YTH,
    Bapak Ihsan ,saya kodrat mewakili dari PT.SOLID GOLD, saya minta range waktu untuk coba over peluang di bidang komoditi emas,di sini saya mau kasih lihat peluang dan mekanismenya saja,
    saya kebetulan adiknya pak taupik bekerja di PT.HUTAMA KARYA

  3. ujang wahyudin berkata:

    pak Iksan bagaimana kabar sisa pembayaran untuk pekerjaan bekisting/FW (sebesar Rp.450 Jt) diproyek Lor In-Sentul ke PT.Beton Konstruksi Wijaksana (BKW)…….?

  4. ujang wahyudin berkata:

    Pak.Ikhsan bagaimana dengan khabar sisa pembayaran untuk pek.Bekisting di proyek Lor In Hotel -Sentul ke PT.Beton Konstruksi Wijaksana..sebesar Rp.450.jt ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s