Empat Pelukis Rusia Belajar Batik di Sleman

[ mediaindonesia.com Senin, 10 Agustus 2009 20:01 WIB ] SLEMAN–: Empat pelukis dari Moskow, Rusia, belajar membatik di Wisata Batik Nakula-Sadewa, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Para pelukis itu ingin belajar bagaimana cara membatik tulis, mulai dari proses pembuatan pola, menggambar, pewarnaan, hingga melorot atau mencuci kain batik,” kata penerjemah Anasyasia Tsyganova di Studio Batik Nakula-Sadewa, Senin (10/8).

Pelukis Rusia yang belajar membatik tersebut adalah Tatiana Vereshchagina, Elena Uzdeenikova, Veronika Pavienko, dan Vladislav Surovegin.

“Mereka mendalami batik yang nantinya akan diterapkan di Rusia meskipun dengan teknik dan bahan-bahan yang disesuaikan dengan yang ada di Rusia, terutama bahan pewarna alami,” katanya.

Sementara itu Veronika Pavienko mengatakan, dirinya sangat senang dengan kegiatan tersebut karena dapat memperoleh pelajaran dan pelatihan bagaimana membatik yang baik.

“Saya sangat senang karena di sini tidak ada yang dirahasiakan dan semua materi diberikan dengan terbuka, ini berbeda dengan seniman lainnya yang cenderung merahasiakan kiat-kiatnya untuk memperoleh karya yang bagus,” katanya.

Ia mengatakan, dirinya dapat mengikuti pelatihan dengan baik karena dibimbing dengan benar dan telaten.

”Sebelumnya saya khawatir tidak ada pelukis Indonesia yang mau memberikan teknis-teknis melukis dengan serius, tetapi di sini semua informasi yang penting diberikan dengan jelas dan setiap pertanyaan dijawab dengan menyenangkan,” katanya.

Menurut dia, orang Yogyakarta sangat ramah dan menyenangkan sehingga sebenarnya sangat betah untuk belajar membatik dan melukis di Sleman, Yogyakarta.

“Makanan di sini juga enak, beberapa yang telah kami cicipi di antaranya sate dan tongseng kambing. Sedangkan malam nanti kami akan mencoba untuk mencicipi gudeg Jogja,” katanya.

Sementara itu, pemilik Wisata Batik Nakula Sadewa Bambang Sumardiyanto, mengatakan para pelukis Rusia itu belajar membatik selama dua hari yakni pada Sabtu (8/8) dan Senin (10/8).

“Mereka tampak senang dan mengikuti pelatihan teknik membatik setahap demi setahap dengan saksama, sama sekali kami tidak mengalami kendala dalam memberikan pelatihan ini,” katanya.

Ia mengatakan, diharapkan negara Rusia dapat menjadi pasar baru bagi kerajinan batik setelah pasar Amerika dan Jepang mulai surut setelah krisis keuangan global beberapa waktu lalu.

“Rusia dan beberapa negara bekas Uni Soviet seperti Latvia dan beberapa negara lainnya merupakan pasar potensial batik, dari beberapa penyelenggaraan pameran di negara-negara tersebut hasilnya sangat memuaskan sehingga ini memberikan harapan baru,” katanya. (Ant/OL-04)

2 pemikiran pada “Empat Pelukis Rusia Belajar Batik di Sleman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s